Pembaca yang baik ……
Pada Edisi Januari-Maret 2018 Vol. 3, No. 1 ini, Jurnal Ilmiah IRPIA menurunkan artikel yang pertama kali adalah tentang kreativitas seorang Pengawas Sekolah melalui MGMP.
Selanjutnya, diturunkan artikel yang bertematik yang lain, yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang memfokuskan kepada model-model pembelajaran (Penguatan Verbal dan Non Verbal, Kooperatif Tipe Talking Stick, Quantum Teaching dan Snowball Throwing, Team Accelerated Individualization Number Heads Together, Problem Based Learning, Simulasi) yang guru pergunakan untuk meningkatkan hasil belajar para peserta didik.
Catatan kecil bagi peningkatan aktivitas dan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) untuk materi Nilai-nilai Pancasila, yang tepat adalah dengan menggunakan metode simulasi. Ini menjadi perhatian kita semua agar nilai-nilai Pancasila wajib dikristalkan ke hati sanubari para peserta didik sedini mungkin, karena mengingat pengaruh intoleransi dan radikalisme yang kadangkala muncul yang dapat mengkoyak persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Metode simulasi (dan bukan metode ceramah) adalah jawaban yang tepat, karena peserta didik telah memasuki era digital yang rentan dapat pengaruh.
Pada judul terakhir artikel yang diturunkan pada edisi ini adalah yang terkait dengan peran Guru Bimbingan dan Konseling (BK) untuk menghadapi siswa yang self esteem rendah dengan Hipnoterapi teknik Forgiveness Therapy.
Untuk lebih memahami isi jurnal secara utuh, lebih bijaksana apabila para pembaca sudi untuk membaca pada uraian selanjutnya. Semoga bermanfaat…. !
Selamat membaca,
Redaksi
1__Dra. Sriani, M.Pd._Meningkatkan Guru Matematika_hal 1-24_print
2__Tri Woro Rendwati, S.Pd.,_Meningkatkan motivasi & Hasil IPS_hal 25-48_print