Tentang Irpia

Institut Riset & Pengembangan Indonesia

Dr. Djoko Siswanto M, M.Si.

Sambutan Direktur IRPIA

Institut Riset dan Pengembangan Indonesia (IRPIA) berdiri pada tanggal 1 Mei 2002 dengan akta Notaris Habib, SH Nomor 01 Tahun 2002. Kemudian, mengingat adanya perkembangan yang begitu cepat, sejalan dengan otonomi daerah, maka IRPIA pada tanggal 28 Oktober 2005 yang bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda,  memperbaharui Akta, dengan Notaris Habib, SH. Nomor 10 Tahun 2005. Pendirian lembaga tersebut, dilatarbelakangi dan didorong oleh suatu fakta bahwa suatu persoalan ke depan (vision) dapat dipecahkan dengan hasil analisis yang tajam dan akurat, sehingga solusi yang ditawarkan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah (didukung oleh data). Riset adalah jawaban dari kebutuhan di atas. Sampai saat ini IRPIA tetap memfokuskan kepada beberapa aktivitas riset untuk pengembangan. Adapun kegiatan yang menjadi core business adalah: Perencanaan Strategik (Strategic Planning), Studi Pembangunan (Development Study),  Studi Kelayakan (Feasibility Study), Pengembangan Kelembagaan (Institution Building), Monev (Monitoring and Evaluation), Anggaran Kinerja (Performance Budget), Akuntansi Sektor Publik (Public Sector Accounting), Pelatihan (training), Lokakarya (workshop) dan Seminar (seminar), Pembuatan Software (Software Production) .

Di samping itu, IRPIA mengelola Jurnal Ilmiah ”IRPIA,” dengan ISSN: 2087 – 0809. Jurnal Ilmiah IRPIA, hadir dalam era gelombang teknologi informasi yang berdampak pada gelombang demokrasi di seluruh dunia, termasuk negara Indonesia, yang selanjutnya memiliki implikasi pada semakin besarnya tuntutan masyarakat atas pelayanan publik baik yang disediakan oleh pemerintah, swasta maupun masyarakat itu sendiri. Jurnal Ilmiah IPRPIA hadir sebagai salah satu komponen bangsa yang mencoba menjawab sebagian tuntutan akan pelayanan publik dengan menyajikan pemikiran yang orisinil untuk mengembangkan teoretik, normatif, dan praktik berbasis riset atau base evidence.

Oleh karena itu, Jurnal Ilmiah IRPIA hanya menerima artikel hasil riset dan belum pernah dipublikasikan dalam bentuk apapun, sehingga dijamin orisinil, baru (novelty), dan bebas dari plagiasi yang dibuktikan dengan kewajiban setiap penulis menandatangani surat pernyataan orisinalitas artikel dan bermeterai.

Di samping itu, setiap artikel harus menghasilkan sebuah rekomendasi, menjelaskan implikasi teoretik, normatif, dan praktik, sehingga dengan demikian perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dapat membentuk suatu paradigma yang didukung oleh teoretisi (ilmuwan) dan praktisi. Proses ini berlanjut secara terus menerus, sehingga pengembangan teoretik, normatif dan praktik sejalan dengan data riil terhadap permasalahan dan dicarikan solusi.

Berdasarkan uraian di atas, maka Jurnal Ilmiah IRPIA menyajikan artikel yang bersifat tematik, multidisipliner, dan memiliki perspektif governance.

PROFIL

Institut Riset dan Pengembangan Indonesia (IRPIA) berdiri pada tanggal 1 Mei 2002 dengan akta Notaris Habib, SH Nomor 01 Tahun 2002. Kemudian, mengingat adanya perkembangan yang begitu cepat, sejalan dengan otonomi daerah, maka IRPIA pada tanggal 28 Oktober 2005 yang bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda,  memperbaharui Akta, dengan Notaris Habib, SH. Nomor 10 Tahun 2005. Pendirian lembaga ini, dilatarbelakangi dan didorong oleh suatu fakta bahwa suatu persoalan ke depan (vision) dapat dipecahkan dengan pengumpulan data dan dianalisis secara tajam, akurat dan terukur, sehingga solusi yang ditawarkan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah (didukung oleh data). Riset adalah jawaban dari kebutuhan tersebut di atas. Sampai saat ini IRPIA tetap memfokuskan kepada beberapa aktivitas riset untuk pengembangan.

  • Warna kuning:

Yang menggambar kuning telor sebagai perlambang embrio dari berbagai inovasi berbasis riset dan pengembangan.

  • Warna biru tua:

Yang menggambarkan mata facet (mata belalang) yang melihat dunia multi dimensi berbasis inovasi.

  • Warna biru muda:

Yang menggambarkan senyuman dalam setiap kegiatan riset dan pengembangan yang hasilya sesuai dengan harapan.

  • Struktur logo terbagi menjadi 2 bagian besar, yaitu bagian yang garis vertikal di bagian atas dan lengkung di bagian bawah. Bagian atas mencoba menutup garis lengkung untuk menggambarkan solusi berbasis riset.

Aktivitas Pokok (Core Business)

IRPIA mempunyai beberapa aktivitas pokok yang meliputi:

 

1.Kebijakan (Policy)

IRPIA melakukan riset sebagai dasar untuk penyusunan suatu kebijakan suatu organisasi sebagai penerapan prinsip policy based evidence, sehingga kebijakan yang diambil oleh organisasi tersebut merupakan solusi yang tepat atas permasalahan riil yang dihadapi oleh organisasi dan masyarakat.

 

2. Perencanaan Strategik (Strategic Planning)

IRPIA melakukan aktivitas riset dalam penyusunan perencanaan strategik, baik dalam jangka pendek, menengah maupun panjang.

 

3. Pembangunan (Development)

IRPIA melakukan aktivitas riset untuk mengkaji persoalan pembangunan dan prediksi serta untuk mengantisipasi perubahan yang cepat di segala bidang.

 

4. Studi Kelayakan (Feasibility Study)

IRPIA melakukan aktivitas riset untuk melakukan studi kelayakan (feasibility study) dalam rangka menilai kelayakan suatu proyek yang diusulkan oleh suatu organisasi.

 

5. Pengembangan Kelembagaan (Institution Building)

IRPIA melakukan aktivitas riset dalam rangka pengembangan kelembagaan sebagai pembangunan pada skala mikro dalam rangka merubah budaya organisasi dan peningkatan kinerja sumber daya manusia guna pencapaian tujuan yang telah ditetapkan.

 

6. Pemantauan dan Evaluasi (Monitoring and Evaluation)

IRPIA menyediakan jasa untuk aktivitas pemantauan suatu kegiatan dan melakukan evaluasi terhadap hasil pemantauan pelaksanaan suatu kegiatan tersebut, agar mendapatkan masukan dan bahkan perbaikan pekerjaan selama proses penyelesaian kegiatan tersebut.

 

7. Anggaran Kinerja (Performance Budget)

IRPIA menyediakan jasa yang terkait dengan anggaran berbasis kinerja, dengan ruang lingkup antara lain: perumusan visi dan misi; penyusunan kebijakan, tujuan dan sasaran; penyusunan standar harga, standar biaya, dan standar analisis belanja; pengukuran kinerja; strategi peningkatan pendapatan, perumusan value for money (ekonomi, efisiensi dan efektivitas); skema pembiayaan dan investasi, dan pengelolaan aset.

 

8. Akuntansi Sektor Publik (Public Sector Accounting)

IRPIA menyediakan jasa untuk penyusunan sistem informasi manajemen, sistem informasi akuntansi, pembuatan laporan keuangan dan sebagainya.

 

9. Pelatihan, Lokakarya dan Seminar (Training, Workshop and Seminar)

 

IRPIA menyediakan jasa atau melakukan aktivitas yang terkait dengan aktivitas pokok di atas, dengan jalan pelatihan, lokakarya dan seminar.

 

10. Pembuatan Software Aplikasi (Application Software Production)

IRPIA menyediakan jasa untuk pembuatan software aplikasi, terutama yang terkait dengan aktivitas pokok di atas.

 

No.

Uraian

Keterangan

1.

Nama Kegiatan

Pemetaan  Daerah Rawan Kekekeringan

 

Lokasi

Kabupaten Kediri

 

Waktu

4 Nopember 2019 – 3 Desember 2019

 

Pengguna Jasa

Dinas Pertanian dan Perkebunan                                               Kabupaten Kediri

 

 

 

2.

Nama Kegiatan

Analisis Potensi Ekonomi Kabupaten Kediri

 

Lokasi

Kabupaten Kediri

 

Waktu

10 September -  23 Nopember 2019

 

Pengguna Jasa

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Kediri

3.

Nama Kegiatan

Penyusunan Profil Kependudukan Kota Kediri

 

Lokasi

Kota Kediri

 

Waktu

April – Juli 2018

 

Pengguna Jasa

Dinas Kependudukan & Catatan Sipil Kota Kediri

4.

Nama Kegiatan

Study Evaluasi Penanggulangan Kemiskinan Kota Probolinggo

 

Lokasi

Kota Probolinggo

 

Waktu

Nopember – Desember 2016

 

Pengguna Jasa

Bappeda Kota Probolinggo

 

5.

Nama Kegiatan

Fasilitasi Perencanaan dan Monitoring Evaluasi Program Sustainable Development

 

Lokasi

Kota Probolinggo

 

Waktu

Juni – Oktober 2016

 

Pengguna Jasa

Bappeda Kota Probolinggo

6.

Nama Kegiatan

Pendampingan Good Governance Bidang Pendidikan dan Kesehatan

 

Lokasi

Kota Probolinggo

 

Waktu

Tahun 2010 – 2015

 

Pengguna Jasa

Research Triangle Institute-United States Agency for International Development

6.

Nama Kegiatan

Pendampingan Penyusunan Rencana Pengembangan Kapasitas Pendidikan Dasar (Basic Education Capasity)

 

Lokasi

Kabupaten  Probolinggo dan Kota Probplinggo

 

Waktu

Oktober - Desember 2009

 

Pengguna Jasa

World Bank

7.

Nama Kegiatan

Pendampingan Penyusunan Rencana Pengembangan Kapasitas Pendidikan Dasar

 

Lokasi

Kabupaten : Ngawi, Pacitan dan Trenggalek

 

Waktu

Juli- September 2009

 

Pengguna Jasa

World Bank

8.

Nama Kegiatan

Pendampingan Tenaga Pendamping Koperasi & UMKM

 

Lokasi

Kota Kediri

 

Waktu

Juni – September 2009

 

Pengguna Jasa

Dinas Koperasi dan UMKM, Pemerintah Kota Kediri

9.

Nama Kegiatan

Survey Kualitas Pelayanan Perijinan

 

Lokasi

Kota Kediri

 

Waktu

Januari – April 2009

 

Pengguna Jasa

Kantor Perizinan Pemerintah Kota Kediri

10.

Nama Kegiatan

Pendampingan Penyusunan Perencanaan dan Penganggaran bagi Pemerintahan Daerah

 

Lokasi

Kota Kediri              

 

Waktu

Januari 2005 – Desember 2009

 

Pengguna Jasa

Pemerintah Kota Kediri

11.

Nama Kegiatan

Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM)

 

Lokasi

Kota Kediri

 

Waktu

Oktober – Desember 2008

 

Pengguna Jasa

Kantor Perizinan Pemerintah Kota Kediri

12.

Nama Kegiatan

Penyusunan Dokumen Analisis Jabatan (ANJAB)

 

Lokasi

Kota Kediri

 

Waktu

Maret - September 2006

 

Pengguna Jasa

Sekretariat Daerah Kota Kediri

13.

Nama Kegiatan

Penataan Arsip secara Digital

 

Lokasi

Kota Kediri

 

Waktu

April – Agustus 2006

 

Pengguna Jasa

Sekretariat Daerah Kota Kediri

14.

Nama Kegiatan

Penyusunan Standar Analisis Belanja (SAB)

 

Lokasi

Kabupaten Lamongan

 

Waktu

Agustus – Desember 2005

 

Pengguna Jasa

Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, Pemerintah Kabupaten Lamongan

15.

Nama Kegiatan

Penyusunan Rencana Umum Ketenagalistrikan Daerah

 

Lokasi

Kota Kediri

 

Waktu

Oktober – Desember 2005

 

Pengguna Jasa

Pemerintah Kota Kediri

16.

Nama Kegiatan

Pendampingan (Technical Assistance) Anggaran Kinerja

 

Lokasi

Kabupaten Probolinggo

 

Waktu

Juni  2004 – Pebruari 2005

 

Pengguna Jasa

Pemerintah Kabupaten Probolinggo

17.

Nama Kegiatan

Studi Kelayakan Pendirian Matahari Mall

 

Lokasi

Kota Kediri

 

Waktu

Juni – September 2004

 

Pengguna Jasa

PT Matahari Jakarta

18.

Nama Kegiatan

Pendampingan (Technical Assistance) Anggaran Kinerja

 

Lokasi

Kabupaten  Pati

 

Waktu

Agustus 2003 – April 2004

 

Pengguna Jasa

International County/City Management Association, California, USA.

19.

Nama Kegiatan

Technical Assistance Anggaran Kinerja

 

Lokasi

Kabupaten Sragen

 

Waktu

Januari - Juli 2003

 

Pengguna Jasa

International County/City Management Association, California, USA.

20.

Nama Kegiatan

Diklat Metodologi Riset, Statistika dan Komputer bagi Staff Bappeda

 

Lokasi

Kota Kediri.

 

Waktu

Oktober 2003

 

Pengguna Jasa

Bappeda Kota Kediri

21.

Nama Kegiatan

Riset Pemukiman Kumuh dan Pendapatan Per Kapita    (kerjasama dengan Asia Development Bank)

 

Lokasi

Kota Kediri

 

Waktu

Januari 2002 – Desember 2003

 

Pengguna Jasa

Asia Development Bank

22.

Nama Kegiatan

Technical Assistance Anggaran Kinerja

 

Lokasi

Kota Kediri

 

Waktu

Januari 2001 – Desember 2002

 

Pengguna Jasa

International County/City Management Association, California, USA.

23.

Nama Kegiatan

Penyusunan Profil Hasil Pembangunan Kota Kediri

 

Lokasi

Kota Kediri

 

Waktu

Agustus-Oktober 2002

 

Pengguna Jasa

Bappeda Kota Kediri

24.

Nama Kegiatan

Survey Hambatan dalam Pemberian Kredit Perbankan

 

Lokasi

Karesidenan Kediri dan Madiun

 

Waktu

April-September 2002

 

Pengguna Jasa

Kantor Bank Indonesia, Perwakilan Kediri

25.

Nama Kegiatan

Penyusunan Buku Indeks Pembangunan Manusia (IPM)

 

Lokasi

Kota Kediri

 

Waktu

Oktober-Desember 2002

 

Pengguna Jasa

Bappeda Kota Kediri

26.

Nama Kegiatan

Pembaharuan Data Hasil Pembangunan Kota Kediri

 

Lokasi

Kota Kediri           

 

Waktu

April-September 2002

 

Pengguna Jasa

Bappeda Kota Kediri

27.

Nama Kegiatan

Program Pembagunan Daerah (PROPEDA) Tahun 2001-2005

 

Lokasi

Kabupaten Kediri

 

Waktu

Januari 2002

 

Pengguna Jasa

Bappeda Kabupaten Kediri

28.

Nama Kegiatan

 Studi Kelayakan Bank Perkreditan Rakyat Kota Kediri

 

Lokasi

Kota Kediri

 

Waktu

Oktober-Desember Tahun 2001

 

Pengguna Jasa

Sekretariat Daerah Kota Kediri

Direktur          : Dr. Djoko Siswanto Muhartono, M.Si.

Sekretaris       : Johan Syahputra PS, S,TP.

Staf Sekretaris: Arif Dwi Prasetyo

Bendahara      : Sri Purborini

A. Tenaga Ahli:

1.

Dr. Djoko S Muhartono, M.Si.

:

Ahli Administrasi Publik

 

2.

Dr. Wahyuni Sri Astutik, M.M

:

Ahli Ekonomi & Binis

3.

Dr. Lilik Pudjiastuti, S.H., M.H

:

Ahli Hukum

4.

Dr. Suko Susilo, M.Si.

:

Ahli Sosial

5.

Diana Isnaeni, S.E, MSA.Ak.

:

Ahli Akuntansi

6.

Fauziyah S.E, M.Si., Ak.CA

:

Ahli Keuangan

B. Tenaga Teknisi : Johan Syahputra PS, S,TP.

C. Koordinator Survey : Kartika Aprilia, S.E